4 Aplikasi Yang Cepat Menguras Kuota Kamu

4 Aplikasi Yang Cepat Menguras Kuota Kamu



Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang aplikasi apa saja sih yang rakus kuota ? langsung kita simak bahas aja oke :)
Aplikasi mobile, baik itu Android dan iOS, memang punya tingkat konsumsi data yang berbeda-beda. Ada yang sedikit, ada juga yang mampu menyedot internet banyak dengan cepat.
Biasa nya kita tanpa sadar keasyikan menggunakan satu aplikasi, seringkali pengguna tidak sadar kuota internetnya sudah mau habis atau telah habis. Agar kejadian tersebut tidak terjadi kepada Anda, ada baiknya mengenali berbagai aplikasi yang rakus data. 

Setelah mengenali aplikasi yang rakus data, Anda dapat memanagement kuota anda . Bisa saja dengan cara mengurangi pemakaian, memakai hanya saat terhubung dengan WiFi, atau mengaturnya untuk mematikan fitur-fitur tertentu. berita ini dilansir  oleh KompasTekno dari Cnet, Kamis (12/5/2016), berikut adalah 4 aplikasi yang dapat menguras kuota internet anda.

1. Facebook

Kuota data dijamin bisa jebol, jika pengguna rutin mengecek Facebook setiap lima menit sekali. aplikasi ini tidak hanya berisikan pesan teks saja, tetapi ada juga foto dan video, yang biasanya memang menyedot banyak kuota internet.  

Namun kejadian paling buruk adalah ketika Anda mengeceknya setiap lima menit, ditambah menyalakan fitur autoplay video. 
Fitur ini akan membuat video di linimasa secara otomatis diputar ketika pengguna mencapai bagian tersebut. Untungnya, fitur autoplay ini bisa dimatikan atau hanya berjalan ketika perangkat pengguna terhubung ke WiFi. 


2. Twitter

Kicauan-kicauan yang dtampilkan di linimasa memang pendek. Satutweet hanya sepanjang, maksimal, 140 karakter. 

Meski ada banyak kicauan yang muncul, biasanya anda tak akan merasa kuota internet mereka disedot habis. Toh, menampilkan kicauan tak membutuhkan kuota besar, bukan? namun,sama halnya dengan facebook jika fitur autoplay berjalan , maka tanpa anda sadari kuota anda telah hangus.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya matikan fitur tersebut. Caranya, Anda tinggal menyentuh ikon titik tiga di sudut kanan aplikasi, kemudian pilih menu Settings. Setelah itu pilih tab bertuliskan Data.

Atur agar autoplay hanya berfungsi saat terhubung ke WiFi atau matikan saja fitur tersebut.
Supaya lebih hemat lagi, Anda juga bisa mengatur agar aplikasi tidak menampilkan gambar atau foto.


3. Instagram

Selain foto, Insagram kini juga dijejali berbagai video. Konten foto saja sudah menyedot kuota cukup besar. Bagaimana jika ditambah lagi dengan video? sama halnya dengan facebook , instagram juga memiliki fitur autoplay. tapi sayangnya fitur ini tidak dapat dimatikan.

Sebagai solusi, cobalah buka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilihtab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.
Pengaturan tersebut tidak akan mematikan autoplay. Tapi sebagai gantinya, Instagram tidak akan memutar video saat Anda menggunakan koneksi internet seluler.

4. YouTube

Sebagai aplikasi pemutar video, sudah tentu YouTube merupakan yang paling besar memakan kuota internet. Untungnya aplikasi buatan Google ini tidak otomatis memutar video, sehingga pemakaiannya bisa sesuai kesadaran pengguna.

Untungnya lagi, Anda masih bisa berhemat kuota internet, jika tetapngebet nonton YouTube di smartphone. 

Caranya dengan mengatur YouTube pada resolusi video terendah. Jangan lupa nyalakan fitur Play HD on WiFi Only, sehingga resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet itu tak bisa diputar menggunakan koneksi seluler.

terima kasih telah berkunjung :)


EmoticonEmoticon