Cara Mengganti Domain Blogspot – GRATIS!!!

masterweb
cara Mengganti domain blogspot
Kolong PIKIR | Bisa jadi sudah saatnya bagi Anda untuk mengganti domain blogspot memakai domain sendiri atau TLD (Top Level Domain) misal BlogAnda.com agar blog Anda lebih memiliki reputasi dan daya jual atau bargaining power di mata pengguna internet pada umumnya daripada menggunakan subdomain seperti BlogAnda.blogspot.com, BlogAnda.wordpress.com. Selain itu blog Anda akan terlihat lebih professional, cantik, menarik dan keren :) Asyik bukan?.

Bagaimana Merubah Domain Blogspot Menjadi Domain TLD?

cara Mengganti domain blogspot

Berbeda dengan wordpress, joomla, drupal, mamboo dan cms (content management system) lainnya yang bisa dipasang di webhosting, blogspot memiliki keunikan tersendiri bagi para blogger karena tidak bisa di install / diupload file-file nya di webhosting. Lalu bagaimana? tentu saja penyedia layanan blog gratis milik Google tersebut sudah menyediakan fitur agar penggunanya bisa merubah domain blogspot dengan domain sendiri yaitu dengan memarkirkannya pada penyedia layanan hosting yang memang memberikan fasilitas untuk parkir domain, termasuk parkir domain untuk blogspot kesayangan Anda.
Ganti Domain Blogspot = Parkir Domain
Untuk dapat merubah domain blogspot menjadi domain tersendiri, maka yang harus Anda lakukan adalah memarkirkan blogspot Anda pada domain yang nantinya dihubungkan dengan webhosting. Bingung? hehe berikut sekema mengganti domain blogspot ke domain sendiri

mengganti domain blogspot

KeteranganPertama, Anda mendaftarkan nama domain, misal BlogAnda.com lalu dihubungkan dengan webhosting yang menyediakan layanan parkir domain. Kedua, memarkirkan hosting blogspot (google hosting). Ketigablogspot akan mengalihkan atau redirect blog Anda menuju domain baru yang sebelumnya sudah ditambahkan pada setingan blogspot.
Sebelum memualai cara mengganti domain blogspot domain Anda, akan saya jelaskan dulu sekemanya agar Anda paham atas apa yang Anda lakukan.
Pada bagian pertama, tentu saja Anda harus mendapatkan nama domain TLD untuk mengalihkan domain blogspot.com menuju domain baru tersebut. Untuk bisa memiliki domain Anda sendiri, silahkan daftarkan ke penyedia domain seperti Masterwebnet, rumahweb, idhostinger dan lain sebagainya untuk mendapatka domain berbayar semisal dot com, dot net, dot org dan lain-lain. Tapi pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang domain gratis dot cf, dot ga, dot tk dan dot gq dari my.freenom.com, silahkan pilih saja sakah satu.
Pada bagian kedua, Meskipun kata orang kita hanya cukup mendaftarkan domain saja, tapi faktanya kita tetap membutuhkan layanan webhosting untuk memarkirkan domain dan hosting dari blogspot dan redirect agar bisa diakses menggunakan domain sendiri. Jadi webhosting ini fungsinya sebagai bridge atau jembatan yang menghubungkan antara domain anda sendiri menuju hosting blogspot.
Ada banyak layanan webhosting berbayar untuk memarkirkan domain Anda, Tapi, sekali lagi saya hanya akan membahas yang gratis-gratis untuk Anda, mantab bukan? hehe. Salah satu webhosting gratis yang bisa Anda gunakan untuk memarikirkan domain Anda adalah di idhostinger.com, silahkan masuk saja dan daftarkan sekarang juga :).
Pada bagian ketiga, dengan menambahkan nama domain kita pada setingan blogspot, misal BlogAnda.com, maka blogspot.com akan meneruskan data-data blog menuju domain BlogAnda.com, sehingga ketika Anda mengakses dengan domain BlogAnda.com maka bloganda.blogspot.com akan dialihkan menuju bloganda.com.

Cara Mengganti Domain Blogspot, GRATIS Dari Freenom dan IdHostinger!!!

Ini dia yang dinanti-nanti, cara parkir domain gratis di freenom dan idhostinger. Serius… ini memang gratis.
Langsung saja, berikut cara setting custom domain blogspot kesayangan Anda:
A. Daftar dan Setting Nameserver Domain
  1. Daftar dan dapatkan domain gratis .cf, .ga, .tk dan .gq di My.freenom.com
  2. Saya asumsikan Anda sudah berhasil mendaftarkan domain Anda misal BlogAnda.cf jadi anda tingga Login dan atur nameservernya agar terhubung ke webhosting idhostinger, isi keempat nameserver idhostinger.

    parkir domain freenom>>
    parkir domain blogspot ke freenom>>
    mengganti domain blogspot gratis dari freenom
    >>
    mengganti domain blogspot gratis

  3. Klik Change Nameserver, proses ini bisa memakan waktu hingga 2 x 24 jam, tapi pengalaman saya sehari juga sudah jalan.
B. Menambahkan Domain Sendiri di Blogspot
  1. Login Ke blogspot anda, cari dan klik menu Settingsmenambahkan domain pada blogspot
  2. Klik + Setup a 3rd party URL for your blog

    mengganti domain blogspot gratis di idhotinger

  3. Pada Kolom http:// isikan dengan nama domain Anda yang baru, misal: www.BlogAnda.com, lalu klik Save.
    Setelah itu akan muncul pesan error dan blogspot menyuruh kita untuk memasukkan 2 Cname berikut dan  seperti gambar dibawah:
    1.  www <====> ghs.google.com (sama saja tiap blog)
    2. kode unik <====> kode unik (tiap blog berbeda)

    mengganti domain blogspot gratis di idhotinger gratis

  4. Sampai disini, TAHAN dulu, lalu Anda masuk ke Langkah C dibawah.
    (ulangi dengan klik save lagi pada tahap ini setelah Anda menyelesaikan Langkah C dibawah)
C. Daftar Webhosting untuk Setting DNS
  1. Daftar dan dapatkan hosting gratis untuk parkir domain Anda tersebut di idhostinger.com
  2. Saya juga asumsikan bahwa Anda telah berhasil mendaftarkan akun hosting untuk domain Anda, misal BlogAnda.cf Jadi Anda tinggal merubah DNS nya menjadi DNS yang diperoleh dari blogspot. 
  3. Masuk ke akun hosting Anda di idhostinger, lalu klik DNS Zone Editor pada kategori Menu Advance atau Tingkat Lanjut dalam bahasa indonesia.

    mengganti domain blogspot gratis di idhotinger

  4. Cari CNAME kemudian ubah dan tambahkan record , hanya setingan cname pertama yang sama, namun pada setingan cname kedua berbeda-beda tiap blog, jadi lihatlah kode unik blog Anda yang diberikan seperti pada langkah B nomor 3.  Kalau sudah klik save/simpan disebelah kanan setingan.

    mengganti domain blogspot gratis di idhotinger

  5. Berikutnya, kita set redirect di cpanel webhosting Anda dengan membuat skrip redirect agar jika kita mengakses domain utama blogAnda.cf  langsung diarahkan otomatis ke www.BlogAnda.cf
    Cara membuat skript redirect adalah sebagai berikut:
    –  Login ke dalam cpanel akun idhostinger Anda
    –  Masuk ke direktori sites / BlogAnda.com / www
    – Hapus file Default.php
    – Edit file .htaccess tambahkan kode berikut lalu simpan kembali.
    Redirect / http://www.BlogAnda.com

    Cara lainnya adalah dengan menambahkan file edit.html
    –  Buat File baru lalu beri nama index.html lalu isikan kode berikut:
    <head>
    <meta http-equiv="refresh" content="0; URL=http://www.BlogAnda.com">
    </head>

    Jika file index.html sudah ada, Anda tidak perlu membuat file tersebut. Cukup edit/sunting file tersebut saja dan isikan seperti skrip di atas
    Selesai sudah Langkah C.
  6. Ulangi Langkah B no.4, pilih save. Selesai.
Demikian tutorial merubah domain blogspot menjadi domain kita sendiri, semoga bermanfaat. Jika ada kesulitan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar.


EmoticonEmoticon