Corel Draw itu ada berapa macam / versi?

http://www.mhectech.org/sites/mhectech.org/files/Corel-signature.jpg


 Sampai saat ini Corel Draw sudah sampai pada versi X6 (Corel Draw 16). Pada sekitar tahun 1997 saya pertama belajar corel draw adalah belajar versi 5. Dua tahun kemudian saya mencoba melamar pekerjaan dan di sana saya langsung mendapati corel draw versi 8. Berangsur-angsur saya terus mengikuti perkembangan versi corel draw
. Karena memang saya tidak ingin ketinggalan trik dan tool baru yang di bawa oleh corel draw versi terbaru. Jadi antara tahun 1997 sampai dengan sekarang tahun 2013 saya sudah melewati perkembangan mulai dari corel draw 8, corel draw 9. corel draw 10, corel draw 11, corel draw 12, corel draw 13 dan yang saya pakai sekarang 

adalah corel draw 14. Untuk corel draw 1 sampai dengan 4 saya belum pernah tahu. Juga corel draw 6 dan 7. 
Sudah pasti dari antara corel draw versi 5 sampai dengan versi corel draw 16 selalu ada penambahan alat atau fasilitas.  Jadi idealnya memang setiap ada corel draw versi terbaru kita ikuti. Aka tetapi apabila kebutuhan kita sudah tercukupi dengan corel draw versi rendah maka tak ada salahnya kita pertahankan saja. Kalau mengiukti perkemangan memang agak sedikit merepotkan. Karena sekitar 2 atau 3 tahun sekali versi terbarunya akan muncul.
Saat ini, saya sendiri masih memakai corel draw 14 walaupun sudah keluar versi 15 dan 16. Alasan saya tidak memakai corel 16 karena :
- masih malas untuk mendapatkan driver  / master corel draw 16. Driver corel draw bisa berbentuk CD, dan beli di toko komputer. Atau download di internet.
- corel draw versi 14 yang saya pakaisekarang ini masih sangat mampu melayani hampir semua permintaan jenis desain dari pelanggan saya.
- setelah kita dapatkan driver corel draw 15 atau 16 kita juga harus menginstalnya kedalam computer.
- saya ingin langsung melompat ke corel draw versi 35, biar awet gak update, biar gak repot berkali-kali, biar nyaman dan lain-lain, he...he...he...


EmoticonEmoticon