Istilah Dalam Dunia Internet



OKE kawan... :) 
berjumpa lg dengan saya cewek pling narsis bwt ngeblog :D
 kali ini saya akan berbagi ilmu buat kawan" semua tentang istilah atau singkatan yg kalian sering denger dlm ddunia internet.. oke gk perlu bertele" langsung aja.. CEKIDOT

Berikut adalah istilah" dlm dunia internet :

* IP ADDRESS adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer/peralatan jaringan yang menggunkan protokol TCP/IP.

*TCP (transmission control protocol) adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu grup/network.

*MAC ADDRESS (media access control access) adalah sebuah alamat jaringan yang implementasikan pada lapisan data-link dalam 7 lapisan model OSI yang mempresentasikan pada node tertentu dalam sebuah jaringan. funsinya untuk memudahkan router dan perangkat jaringan lainnya uuntuk mengidentifikasi setiap jenis/perangkat yang melekat pada jaringan.

*FTP (file transfer protocol) adalah sebuah protokol yang berjalan didalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas komputer antara mesin" sebuah internetwork.

*DNS (domain name system) adalah disyribute ddatabase system yang digunakan untuk pencarian nama komputer dijaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS boisa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet. seperti web browser atau e-mail.

*DHCP (dynamic host onfiguratoin protocol) adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengablokasian alamat ip dalam satu jaringan.

*HTTP (hypertext  transfer protocol) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk system informasi terdistribusi dan menggunakan hipermedia untuk membuat situs web.

*SMTP (simple mail transfer protocol) adalah seperangkat pedoman komunikasi yang menggunakan perangkat lunak untuk mengirimkan e-mail melalui internet.

*SNMP (simple network management protocol) adalah sebuah protocol yang dirancang untuk memberikan kemampuan pada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputer secara sistemats dari jarak jauh atau dalam satu pusat control saja.

*UDP (user datagram protocol) adalah salah satu protocol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable) tanpa koneksi (connectionless) antara host" dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. (mengontrol data)

*POP (post office protocol) adalah protocol yang digunakan untuk menggambil/mengolah e-mail internet dengan adanya POP dapat mempermudah untuk medapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa membutuhkan koneksi yang lama dari internet.

*PPP (point to point protocol) adalah data-link protocol yang umumnya digunakan untuk membuat sambungan langsung antara 2 node jaringan PPP digunakan banyak jenis jaringn fisik termasuk kabel serial,telpon seluler dan serat optik link seoerti SSONET untuk berkomuikasi antara 2 node(titik).

*VPN (virtual private network) adalah suatu koneksi antara 1 jaringan lainnya secara privat melalui jaringan public (internet).

*WWW (world wide web) adalah yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks,gambar,suaru dll dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

 *NAT (network address translation) adalah suatu metode pokok yang memungkinkan komputer yang mempunyai address yang telah terdaftar atau komputer yang menggunakan address privat untuk bisa mengakses internet.

oke kawan segitu aja dulu yaa capek ngetiknya... :) hiihi
semoga berkah ;)


EmoticonEmoticon